Kendari (Antaranews Sultra) - Kementerian Sosial mengucurkan modal usaha melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang menyasar 1.000 kepala keluarga warga pesisir di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Dinas Sosial Sultra Armunanto di Kendari, Rabu, mengatakan program Kube pesisir disalurkan di Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan pada 2017.

"Tahun ini kami sudah usulkan ke pemerintah pusat. Jumlah calon penerima manfaat bertambah dan prediksi alokasi anggaran pun meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar Rp2 miliar," kata dia.

Penetapan daerah penerima Kube pesisir sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial yang mengunjungi daerah calon penerima program stimulus itu

"Pemerintah daerah tidak hanya mengusulkan Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan tetapi seluruh kabupaten yang masuk kategori wilayah pesisir," katanya.

Namun, akhirnya Kementerian Sosial menetapkan Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan dengan penuh pertimbangan sehingga diharapkan tahun berikutnya daerah lain kebagian giliran mendapatkan program tersebut.

Bantuan usaha yang mencapai Rp20 juta per Kube diharapkan menjadi motivasi anggota kelompok untuk meningkatkan semangat dalam berusaha hingga mencapai kemandirian.

Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada mengatakan bantuan modal yang dikucurkan Kemensos melalui Kube cukup membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup.

"Besaran batuan relatif karena Kemensos mengurus seluruh Indonesia, khususnya warga pesisir. Tahun 2017 dua kabupaten dan tahun 2018 mudah-mudahan bertambah jumlah sasaran," kata politikus PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Buton itu.

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024