Andoolo (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XV tingkat kabupaten 2018.

MTQ ke-XV tersebut dibuka langsung oleh Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, dampingi Wakil bupati, Arsalim Arifin, Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo, Sekda Konawe Selatan, Sjarif Sajang, Kapolres Konawe Selatan, AKBP Hamka Mappaita, Kepala Kandepag Konawe Selatan, Adnan Saufi, bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Tridana Mulya Kecamatan Landono, Rabu.

Hadir pula unsur Forkopimda, kepala SKPD, Camat, Kabag lingkup Pemda Konsel serta di saksikan ribuan Kafilah serta masyarakat dari seluruh Kecamatan se-Konawe Selatan.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, mengatakan pelaksanaan MTQ itu pada hakekatnya untuk membina ukhuwah islamiyah untuk peningkatan dan mengembangkan syiar Islam di daerah itu.

"Sekaligus menjadikan tonggak dalam rangka membina qori-qoriyah untuk lebih berprestasi dan menuju kemandirian, asah bakat dan bisa berprestasi pada level yang lebih tinggi sehingga mengharumkan nama daerah," katanya.

Di samping itu, kata dia, pelaksanaan MTQ ini bisa menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang dimulai dari pemahaman dalam membaca, menulis Al Quran secara baik dan benar.

MTQ ke XV tingkat Kabupaten Konawe Selatan 2018 mengambil tema "Kita jadikan Al-Qur`an sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang religius" menuju Desa Maju Konaw Selatan Hebat.

Pelaksanaan MTQ 2018 yang mulai 24-31 Januari 2018, tersebut diawali dengan pawai ta`aruf para kafilah perwakilan masing-masing kecamatan yang turut menyemarakkan kegiatan tersebut, dan penyerahan piala bergilir dari Camat Palangga, Abdul Jalil sebagai Juara umum pelaksanaan MTQ sebelumnya kepada ketua LPTQ KOnawe Selatan, Arsalim Arifin, serta pelantikan dewan hakim/dewan juri oleh Bupati Konawe Selatan.

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024