Wanggudu (Antaranews Sultra) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sulta), mencatat capaian peserta KB baru di daerah itu pada 2017 melebihi target yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan KB Konawe Utara, Kasim Pagala, dari Wanggudu, Jumat, mengatakan pada tahun 2017 target peserta KB baru daerah itu sebanyak 2.025 orang.

"Alhamdulillah, hingga data November 2017 realisasi mencapai 2.817 orang atau mencapai 139,1 persen," kata Kasim Pagala.

Ia mengatakan, keberhasilan mencapai bahkan melebihi target akseptor tersebut karena kekompakan tim dalam melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya ikut program KB.

"Berbagai program telah dilakukan dalam mendorong percepatan capaian program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK)," katanya.

Kasim juga menyebutkan, dukungan Bupati Konawe Utara, Ruksamin, sangat menentukan dan menunjang capaian program KKBPK di Konawe Utara.

"Pribadi bupati turun langsung bersama kami pada kegiatan KKBPK untuk bersama-sama mengajak masyarakat ikut program KB," katanya.

Disebutkan, alat kontrasepsi yang paling banyak diminati warga Konawe Utara adalah implant sebanyak 1.611 akseptor, kemudian metode suntik 549 akseptor, Pil sebanyak 393 akseptor, kondom 141 akseptor dan Iud 123 akseptor.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024