Andoolo (Antaranews Sultra) - Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Surunuddin Dangga memimpin peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama di Kantor Kemenag Konawe Selatan, Rabu.

Peringatan hari jadi Kemenag RI kali ini di Konawe Selatan Yang turut dihadiri Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim Arifin, Ketua DPRD Konawe Selatan, Irham Kalenggo, Wakapolres Konawe Delatan, Kompol Rahman Dundu, dan Kandepag Konawe Selatan, Adnan Saufi.

Selain itu dihadiri pimpinan dan staf SKPD Lingkup Pemda Konawe Selatan, Instansi Vertikal, serta para Kepala, Guru, Pengawas, Operator dan Siswa/i Raudathul Athfal (RA)/Madrasah se-Konawe Selatan dan mengambil Tema "Tebar Kedamaian".

Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga membacakan sambutan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan bahwa hari ini adalah hari yang paling membanggakan bagi keluarga besar Kemenag karena pada tanggal 3 Januari 1946 Kemenag resmi berdiri dan pertama kalinya RI memiliki Kementerian di bidang Agama, dan sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan.

"Kemenag hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama dalam negara kesatuan RI, yang pelaksanaan tugas dan fungsinya menyertai denyut nadi kebangsaan kita," katanya.

Dikatakan, Kemenag bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai Agama dan mencerminkan jati diri Bangsa Indonesia.

Menteri mengatakan, bahwa melihat amat pentingnya tugas tersebut, maka pada setiap diri Aparatur Kemenag melekat beberapa misi yang saling terkait, di antaranya mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

Usai upacara, Surunuddin di dampingi Wakil bupati, Arsalim Arifin dan Kandepag Konawe Selatan, Adnan Saufi memberikan penghargaan kepada 17 orang terdiri Kepala sekolah, Guru dan Pengawas serta Operator RA/Madrasah terbaik lingkup Kanwil Kemenag Prov Sultra Tahun 2017 untuk daerah terpencil, daerah tertinggal serta daerah rawan bencana sesuai SK Kakanwil Kemenag Prov Sultra dengan No. 315 Tahun 2017 pertanggal 29 Desember 2017.

Kandepag Konawe Selatan, Adnan Saufi mengatakan sesuai Tema HAB ke-72, ia berjanji untuk kedepannya seluruh jajarannya akan tulus dan melayani sebaik-baiknya kepada masyarakat Konawe Selatan yang berdampak positif, seperti tidak adanya pungli di instansinya dan akan berkantor keliling setiap hari Jumat untuk melalukan bedah rumah, sekolah dan mesjid sehingga kehadiran Kemenag Konsel terasa di tengah-tengah masyarakat.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024