Tirawuta (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), membantu petani jagung di daerah itu dengan cara menyediakan alat panen jagung.

"Untuk alat panen jagung (pemipil) sudah kami anggarkan melalui APBD sebanyak 300 unit yang akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang menanam jagung," kata Bupati Bonawe Selatan, Surunuddin Dangga, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) yang di pimpin Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dalam rangka mengevaluasi dan memantapkan program peningkatan produksi dan swasembada pangan dan terkait strategi peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Kolaka Timur, Rabu.

Ia mengatakan, bantuan itu sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap petani yang fokus mengembangkan komoditas jagung di daerah itu.

"Karena jika menggunakan alat manual memakan waktu yang lama dengan lahan yang sangat luas, kami juga minta bantuan pengadaan alat tersebut kepada Mentan," kata Surunuddin.

Surunuddin mengaku pihaknya sangat konsen memberikan perhatian dan dukungan kepada petani untuk mengembangkan jagung.

"Untuk pemasaran hasil panen petani sudah tidak ada masalah karena kami sudah kerja sama dengan Bulog," katanya.

Bahkan Pemda Konawe Selatan kata Surunuddin, memberikan hibah tanah kepada Bulog untuk membangun gudang penampungan jagung di Konawe Selatan agar bisa membeli semua hasil produksi atau panen petani.

Turut hadir pada acara tersebut Plt Gubernur Sultra (H. M. saleh Lasata) Bupati/Wali kota dan Forkopimda se-Sultra.

(T.KR-SPR/B/T013/T013) 27-12-2017 23:45:47

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024