Kendari (Antara Sultra) - Fasilitas penunjang di sejumlah obyek wisata berbenah diri menyambut pengunjung yang akan melepas tahun 2017 dan menyambut tahun baru 2018.

Pantauan di sejumlah obyek wisata pantai di Sulawesi Tenggara, Jumat bahwa fasilitas yang mendapat perhatian dari pengelola yakni rumah istirahat dan sarana permainan.

Selain pembenahan sarana penunjang untuk memikat pengunjung juga pihak pengelola menambah atau mendirikan rumah istirahat mengantisipasi tamu yang diperkirakan membludak.

"Rumah istirahat yang sudah berusia tahunan dibenahi lantai dan atapnya untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga mereka menjatuhkan pilihan pada Pantai Toronipa," kata pengelola wisata Pantai Toronipa, Marwandi (35).

Selain membenahi fisik rumah istirahat juga pengelola mengadakan sarana air bersih dan kamar mandi untuk pengunjung.

"Pengunjung tidak mempermasalahkan soal tarif asalkan puas menerima pelayanan dan menikmati fasilitas. Oleh karena itu, harus dibenahi menyambut tahun baru 2018," katanya.

Sewa rumah istirahat di lokasi wisata Pantai Toronipa di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe bervariasi antara Rp150 ribu hingga Rp1.000.000.

Sedangkan tarif masuk lokasi wisata berpasir putih tersebut tidak dipungut perorangan melainkan setiap kendaraan roda empat atau sepeda motor.

Kendaraan roda empat type minibus sebesar Rp60.000/unit, bus ukuran besar Rp100.000/unit dan sepeda motor Rp10.000/unit.

Sewa fasilitas di sejumlah lokasi wisata diprediksi akan naik fantastis beberapa hari menyambut pelepasan tahun 2017.

Menuju pantai Toronipa dapat diakses melalui jalur darat dengan menumpang kendaraan roda empat maupun roda dua yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Persiapan menyambut tahun baru 2018 juga dilakukan di lokasi wisata pantai Nambo Kota Kendari dan pantai Mayaria.
(T.S032/B/Y008/Y008) 22-12-2017 12:37:04

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024