Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, siap melaksanakan kegiatan Festival Konasara yang akan dimulai 31 Desember 2017 sampai 6 Januari 2018.

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, saat "soft launching" Festival Konasara di Kendari, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut akan dirangkaikan Ulang Tahun Ke-11 Konawe Utara Tahun 2018.

"Melalui kegiatan ini kami ingin menarik minat wisatawan untuk berkunjung di Konawe Utara menyaksikan potensi pariwisata yang ada di Konawe Utara," kata Ruksamin.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pencitraan negara Indonesia sebagai negara yang mempunyai destinasi pariwisata yang indah, aman, nyaman dan eksotik untuk dikunjungi bagi wisatawan mancanegara wisatawan nusantara.

"Kami menyediakan ruang promosi produk UMKM, produk pariwisata, produk perdagangan produk kelautan dan perikanan, produk pertanian dan perkebunan, seni adat istiadat dan budaya Sultra khususnya Kabupaten Konawe Utara," katanya.

Tujuan lain katanya, menarik investor dan wisatawan yang berkunjung di Konawe Utara sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi rakyat.

"Yang terpenting lagi kegiatan ini salah satu wujud dari visi dan misi Konawe Utara untuk membangun dan mengoptimalkan potensi perekonomian daerah dengan berbasis agrobisnis dan ekonomi kerakyatan yang tangguh, unggul dan berdaya saing," katanya.

Ruksamin mengundang semua pemda se Sultra untuk berpartisipasi dalam kegiatan itu untuk mempromosikan potensi wisata masing-masing sehingga seluruh potensi wisata Sultra bisa dipromosikan secara terpadu.

Ruksamin menyebutkan, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam festival Konasara tersebut yakni Kirab budaya (mosehe wonua), pengukuhan lembaga adat dan seminar budaya, lomba/pertunjukan seni budaya (tari lulo/lariangi, musik gambus dan mombesara), lomba karya tulis.

Kemudian lomba olahraga tradisonal seperti enggrang dan main hadang, kemudian voli pantai dan futsal pantai, lomba pemilihan Luale Anandonia Konasara, lomba fotografi, lomba kuliner, lomba balap perahu katinting, lomba perahu hias, lomba tarik tambang perahu, pesta lampion 11.000 buah dan tari lulo menelusuri Pantai Taipa-Pantai Laimeo.

Soft launcing Festival Konasara ini dibuka oleh pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Saleh Lasata, dan dihadiri seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Konawe Utara.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024