Kolaka,  Antara Sultra - Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, melibatkan organisasi kemasyarakat dan LSM dalam melakukan pengawasan Pilkada 2018.

Komisioner Panwas Kolaka, Ismanto, saat menggelar rapat koordinasi bersama ormas dan LSM, Senin, mengatakan selain itu juga melibatkan wartawan dalam proses pengawasan.

" Dalam waktu dekat kami akan mengirim surat secara resmi kepada beberapa ormas dan LSM serta lembaga pers untuk menjadi relawan pengawas," katanya.

Selain itu, kata Ismanto, pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis pelaksanaan pengawasan di lapangan terkait pelanggaran baik Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Sultra maupun Pilpres 2019.

Senada Ismanto, Komisioner Panwas lainnya Rusdi menjelaskan, diharapkan organisasi kemasyarakat serta lembaga lainnya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Pilkada dan Pilpres.

"Kita memahami bahwa partisipasi masyarakat dalam Pilkada semakin menurun untuk itu kita memerlukan peran ormas dan lembaga lainnya memberikan pemahaman kepada masyarakat," ungkap Rusdi.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024