Kolaka,  Antara Sultra - Warga Desa Tondowolio, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sultra, digegerkan penemuan buaya dengan panjang sekitar dua meter masuk dalam perangkap ikan mili nelayan setempat.

Salah seorang pemilik perangkap ikan, Saiful Anja (35), di Kolaka, Senin, menjelaskan, pada Jumat (17/11) saat memasang perangkap ikan di sekitar perairan Tondowolio bersama orang tuanya.

"Keesokan harinya saat hendak melihat hasil dari perangkap ikan itu sudah membuahkan hasil, orang tua saya kaget karena menginjak ekor dari buaya itu," katanya.

Melihat kondisi seperti itu kata Saiful langsung memanggil warga lainnya dan menangkap buaya itu agar tidak mencelakai nelayan dan warga lainnya yang berada di lokasi kejadian.

Kepala Desa Tondowolio Bustan yang berada di lokasi itu sontak merasa kaget karena buaya yang ditangkap warga itu tidak melakukan perlawanan lazimnya seperti buaya muara yang lain.

"Buaya yang ditangkap warga itu tidak melawan bahkan berontak sehingga warga setempat memegang dan memberinya makan telur ayam," ungkapnya.

Bahkan lanjut Bustan usai diberikan makan oleh warga buaya itu kembali ke laut setelah tiga jam berada di darat.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024