Kendari, Antara Sultra - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan asetnya berupa Kebun Raya Nangananga Kendari kepada Pemerintah Kota Kendari.

Proses penyerahan aset itu ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra bersama sejumlah kepala daerah yang mendapatkan hibah dari Kemen-PUPR, di Jakarta, Kamis.

Adriatma dari Jakarta menyebutkan, aset yang diserahkan pemerintah pusat kepada Kota Kendari adalah Pembangunan Kebun Raya Kendari tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp13 miliar.

"Aset yang diserahkan itu meliputi dua item kegiatan yakni bangunan pendukung dan penataan ruang pendukung kebun raya," katanya.

Kepala unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Kendari Laode Yama mengatakan, aset yang diserahkan tersebut merupakan pekerjaan tahap pertama yang sudah rampung 2016 seperti, gedung visitor centre dan gedung pengelola, serta gerbang utama, campign ground, toilet, musalla, pematangan jalan dan turap.

"Bangunan pendukung itu nilainya Rp7,6 miliar dan penataan ruang itu Rp6,3 miliar sudah tuntas tahun lalu, sekarang pembangunan tahap 2 sedang berjalan," katanya.

Ia menambahkan tahun 2017 ini Kebun Raya Kendari mendapat alokasi anggaran sekira Rp11 miliar untuk membangun sembilan item pekerjaan, yaitu, pembangunan rumah arboretum, peningkatan jalan utama dan pediatrian, pembangunan area parkir kendaraan, pembangunan rumah paranet/nursery.

"Kemudian pembangunan rumah harsdscape arboretum, pembangunan hardscape campign ground, pembangunan hardscape taman ultra basic, pembangunan landscape visitor centre dan landscape gedung pengelola, serta pembangunan pintu gerbang dan pagar pengaman tanggul," katanya.

Menurut dia, rencananya pembangunan Kebun Raya Kendari akan tuntas dan diluncurkan pada 2019.

Kebun Raya Kendari dirintis sejak 2008 berlokasi pada kawasan hutan lindung dan hutan produksi Nanga-nanga Papalia Kelurahan Andonohu Kecamatan Poasia dengan luas sekira 96 hektare terdiri dari 78 hektare hutan produksi dan sekira 18 hejtare hutan lindung.

Berdasarkan master plan Kebun Raya Kendari, kawasan ini memiliki sejumlah habitat didalamnya diantaranya 38 jenis flora tingkat pohon, 15 jenis tumbuhan bawah (efipit), 4 jenis rotan dan beberapa jenis fauna endemik.

Selain itu Kebun Raya juga sudah memiliki tanaman koleksi, tanaman hias dan tanaman obat-obatan sekira 5000 specimen dari sekira 100 species, yang diperoleh dari kerjasama antara Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024