Kolaka,  Antara Sultra - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka, Sultra, memperkenalkan aplikasi "nelayan pintar" melalui telepon seluler berbasis Android.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kolaka, Agus Pamus, di hadapan 30 nelayan, Senin, mengatakan, pengenalan aplikasi ini bertujuan untuk peningkatan hasil tangkapan.?

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan nelayan bisa lebih banyak mendapat ikan, " katanya.

Salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut, Syahrir, menjelaskan pengenalan aplikasi ini karena melihat kondisi masyarakat sudah memasuki zaman milenia sehingga nelayan juga bisa mengakses dan mengetahui perkembangan dunia perikanan di Indonesia.

"Aplikasi ini sangat bermanfaat karena nelayan sudah bisa mengetahui lokasi dan target penangkapan ikan sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli bahan bakar perahu," katanya.

Menurut dia, dengan aplikasi nelayan pintar ini selain bisa menentukan lokasi penangkapan nelayan juga bisa mengetahui kondisi laut seperti ombak dan angin.

Untuk itu, kata dia, dirinya berharap nelayan bisa menggunakan aplikasi ini dalam melakukan kegiatan penangkapan ikan sehari-hari dengan biaya murah dan aman.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024