Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 20 siswa Sekolah Alam Kendari, Sulawesi Tenggara, yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) antusias mengikuti pelajaran dari guru sekolah di tempat terbuka.

Kegiatan belajar di sekolah swasta yang berdiri sejak 2012, sangat berbeda dengan sekolah lainya. Setiap mata pelajaran yang diberikan, langsung diaplikasikan dengan kondisi alam sekitar.

"Seperti mata pelajaran Biologi, siswa langsung diperlihatkan bentuk-bentuk organ tumbuhan. Begitu pula dengan pelajaran matematika, siswa diajarkan bagaimana perbedaan bentuk dan ukuran setiap jenis tanaman yang tumbuh," ungkap Jumardin Latif, salah seorang tenaga pengajar di Sekolah Alam Kendari, Selasa.

Sebagian murid sekolah alam Kendari, adalah anak-anak berkebutuhan khusus, namun tidak menjadi hambatan bagi murid lainya, untuk menerima pelajaran.

"Kami sangat senang di sini, banyak teman, belajar di alam terbuka dan langsung kami praktikkan setiap pelajaran yang diberikan," ujar Asmawati, murid kelas lima Sekolah Alam Kendari.

Sementara itu, Kepala Sekolah Alam Kendari, Derina Kholifah mengungkapkan, materi pelajaran di Sekolah Alam Kendari, sangat berbeda dengan sekolah pada umumnya.

"Di sekolah ini, semua mata pelajaran, langsung diaplikasikan untuk pendidikan akhlak anak-anak, pembelajaran kepemimpinan dan kewirausahaan. Kami juga punya motto, belajar, bermain sambil berpetualang," jelas Derina kholifah.

Ia nengatakan, sejak didirikan 2012, pemerintah mulai memberikan perhatian terhadap Sekolah Alam Kendari, di antaranya pendirian dua bangunan ruang belajar secara terbuka.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024