Kendari, Antara Sultra - Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) 2017 sebanyak 5.000 unit rumah yang tersebar di kabupaten kota daerah itu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Effendi Patulak, di Kendari, Sabtu, mengatakan bantuan itu merupakan bagian dari program sejuta rumah.

"Dari jumlah itu kemudian didistribusi ke kabupaten kota. Jumlahnya bervariasi tetapi rata-rata 300 unit rumah," katanya.

Menurutnya, program ini dirilis oleh pemerintah pusat dalam upaya menyelesaikan masalah rumah tidak layak huni (RTLH).

"Program BSPS ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan baru, dilihat dari kualitas atap, lantai, dan dinding rumah, untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan," katanya.

Dikatakan, untuk mendapatkan jatah rumah program BSPS itu melalui pengajuan atau usulan yang dilakukan oleh pemerintah daerah

"Pertama dilakukan pendataan rumah tidak layak huni (RTLH) oleh Pemerintah Daerah. Karena pengajuan BSPS adalah dengan sistem bottom-up oleh pemerintah kabutapen/kota secara bertahap dengan pengusulan dimulai dari pada Lurah," katanya.

Sebenarnya kata Effendi, berdasarkan data yang ada saat ini Sultra butuh bantuan melalui BSPS sekitar 46.000 unit rumah.

"Tetapi pemerintah pusat hanya bisa memberikan jatah untuk Sultra 5.000 unit, begitu pula tahun depan kita akan mendapat lagi 5.000 unit," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024