Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara telah membangun pabrik tepung ikan dengan menggunakan APBN 2016.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari Agus Salim Safarullah, di Kendari, Sabtu, mengatakan pabrik tepung ikan itu nantinya akan sangat bermanfaat baik bagi usaha perikanan dan peternakan di kota ini.

"Pabrik tepung ikan ini sebagai solusi untuk menekan kenaikan angka inflasi khususnya yang disebabkan karena kenaikan harga telur karena peternak ayam petelur kesulitan mengembangkan usaha akibat harga pakan mahal," katanya lagi.

Tepung ikan merupakan bahan dasar pakan ikan dan pakan ternak ayam, baik untuk peternakan ayam petelur maupun ayam potong.

"Ke depannya, kami ingin pembudidaya ikan di Kota Kendari mampu membuat sendiri pakan ikan, sehingga dapat menekan biaya pemeliharaan," katanya pula.

Pemerintah Kota Kendari, kata Agus, akan senantiasa melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas kelembagaan terhadap para kelompok tani nelayan.

"Diharapkan budi daya ikan bisa menjadi sumber penghasilan menjanjikan bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok pembudidaya ikan," kata dia lagi.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024