Kendari, Antara Sultra - Harga ikan segar di sejumlah pasar induk maupun tradisional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, relatif masih cukup stabil dalam sepekan terakhir.

Pantauan di sejumlah pasar di Kendari, Sabtu, menyebutkan, persediaan ikan segar baik yang dijual di pasar induk, tradisional maupun yang dipasarkan para pedagang keliling yang menggunakan kendaraan sepeda motor cukup tersedia dengan harga yang relatif bervariasi tergantung dari jenis ikan yang dijual.

Harga ikan ruma-ruma dan cakalang misalnya kini ditawarkan pada kisaran Rp35.000-Rp40.000 per kilogram atau jauh lebih rendah dibanding dengan bulan lalu yang sempat mencapai Rp60.000- Rp65.000 per kilogram.

Di Pasar Panjang Bonggoeya misalnya yang kini merupakan pasar tradisonal yang banyak dipilih warga Kendari untuk berbelanja ikan dan sayuran karena lokasinya cukup strategis yang berada di kawasan pinggir jalan utama, sehingga bagi pengendara mudah dijangkau disaat sedang melintas di kawasan itu.

Salah seorang penjual ikan setempat Junad (45), mengatakan meskipun kondisi cuaca selama beberapa hari ini hujan, persediaan ikan di tingkat pedagang masih cukup tersedia sehingga harganya pun masih dijangkau para pembeli.

"Biasanya harga ikan segar maupun ikan asin naik jika musim ombak besar dan angin kencang. Akan tetapi saat ini masih relatif aman bagi nelayan sehingga hasil tangkapan nelayan pun juga masih memadai," ujarnya.

Walaupun diakui, kenaikan harga ikan di pasaran hampir setiap bulan mengalami kenaikan namun masih dalam batas yang wajar dan terjadi pada kondisi tertentu.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024