Kendari, Antara Sultra - Komoditas jambu mete dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), merupakan salah satu produk unggulan yang sangat diminati oleh pasar dunia.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Muhammad Ali, di Kendari, Jumat, mengatakan, beberapa negara yang menjadi pasar komoditas jambu mete Sultra adalah India dan Vietnam.

"Beberapa negara eropa juga meminati komoditas jambu mete dari Sultra, ini kami ketahui dari para pengusaha yang membeli mete Sultra itu akan mengirimnya ke eropa," katanya.

Selama ini, kata Muhammad Ali, komoditas jambu mete asal Sultra kebanyakan dijual atau diekspor ke luar negeri dalam bentuk biji mete gelondongan.

"Ke depan kita berharap mete yang ada di Sultra ini diekspor dalam bentuk mete olahan karena akan memberikan dampak positif buat perekonomian Sultra," katanya.

Menurut dia, dengan menjual mete olahan maka akan ada lapagan kerja baru yang terbuka, khusus pengolahan biji mete di daerah-daeraha sumber produksi mete.

"Akan tumbuh lapngan kerja baru yang bisa menyerap tenaga kerja lokal untuk usaha pengolahan jambu mete," katanya.

Disebutkan, beberapa daerah penghasil jambu mete di Sultra adalah Kabupaten Buton, Buton Tengah, Bombana, Muna, Muna Barat, Kolaka.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024