Kendari, Antara Sultra - Perseroan Terbatas Jasa Raharja Cabang Provinsi Sulawesi Tenggara merealisasikan bantuan modal kemitraan sebesar Rp110 juta untuk enam pelaku usaha mitra binaan.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sultra Jhon Veredy Panjaitan di Kendari, Rabu, mengatakan realisasi penyaluran bantuan program kemitraan hingga September 2017 sebesar Rp672.500.000 yang menyasar 39 mitra binaan.

Empat sektor perdagangan yang memperoleh stimulus modal adalah Kios Sanina sebesar Rp35 juta, UD Hisyam sebesar Rp20 juta, RM Gado Gado Lamongan sebesar Rp10 juta dan Kios Riska sebesar Rp10 juta.

Sedangkan sektor jasa diperuntukan bagi Dilla Motor sebesar Rp25 juta dan Konveksi Nur Rezky sebesar Rp10 juta.

"Jasa Raharja bukan asuransi komersil yang bapak dan ibu kenal. Jasa Raharja adalah perusahaan milik negara. Pemegang saham adalah pemerintah dalam hal ini Kementrian Keuangan dan Kementrian BUMN," kata Jhon Panjaitan.

Jasa Raharja sebagaimana amanah UU Nomor 33 dan 34 Tahun 1964 Jo. Peraturan Pemerintah Nomor 17 dan 18 tahun 1965 diberi kewenangan oleh pemerintah untuk melaksanakan program asuransi sosial.

"Tugas pokok Jasa Raharja adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat korban musibah kecelakaan lalulintas jalan, penumpang kendaraan bermotor umum di darat, di laut maupun udara," kata Jhon Panjaitan.

Selain tugas pokok tersebut, kata Jhon Panjaitan, juga Jasa Raharja diserahi urusan pengelolaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai tanggung jawab sosial kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Pinjaman modal usaha melalui program kemitraan meliputi bidang jasa, perdagangan, industri kecil, perikanan, peternakan, pertanian dan bidang usaha lainnya dengan tingkat suku bunga rendah 6 persen menurun per tahun.

"Setiap tahun, Jasa Raharja membantu usaha kecil dalam bentuk program kemitraan sebagai peran serta Jasa Raharja dalam membangun perekonomian masyarakat," kata Jhon Panjaitan didampingi Kepala Unit PKBL Putu Donnie Yudisia Lesmana.

Pemilik usaha bengkel kendaraan bermotor Dilla Motor Arham (39) mengatakan bantuan modal kemitraan Jasa Raharja sangat membantu dalam pengembangan unit usaha.

"Jasa Raharja mendidik kami (penerima bantuan modal) disiplin dalam berusaha untuk mencapai sukses. Bantuan modal sangat membantu karena bunga rendah," kata Arham yang sudah dua kali menerima bantuan modal dari Jasa Raharja.

Pdagang air mineral keliling Ulahi (41) mengatakan Jasa Raharja peka terhadap kekurangan pelaku usaha kecil.

"Besar atau kecil bantuan sama pentingnya karena dibutuhkan. Bantuan modal menjadi motivasi bagi kami untuk mengembangkan usaha.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024