Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memastikan ada 35 pelabuhan penyeberangan akan dibangun guna menyatukan sejumlah pulau yang ada di daerah ini.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina di Kendari, Sabtu, mengatakan pembangunan 35 pelabuhan penyeberangan itu telah masuk dalam masterplan Kementrian Perhubungan dan akan segera di bangunan.

Dikatakan saat ini sudah ada 18 pelabuhan penyeberangan yang telah dibangun untuk menyatukan sejumlah pulau-pulau yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Ada tiga puluh lima lokasi pelabuhan penyeberangan yang menurut masterplan Kementrian Perhubungan RI sedang dibangun dan saat ini baru delapan belas pelabuhan yang sudah terbangun," ujar Hado Hasina.

Untuk itu kata mantan Kadis PU Kabupaten Buton Utara itu, dalam melakukan pembangunan dan pengembangan kawasan pelabuhan pemerintah daerah akan melibatkan masyarakat setempat guna memberikan dukungannya dengan bersama melakukan pengembangan kawasan komersil berbasis masyarakat di seluruh pelabuhan yang ada didaerah ini.

"Dalam melakukan pengembangan kawasan pelabuhan kami juga akan melibatkan masyarakat dalam memberikan dukungannya untuk bersama dalam melakukan pengembangan kawasan komersil berbasis masyarakat," tuturnya.

Menurut Hado Hasina khusus untuk Kabupaten Wakatobi yang merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata nasional akan mendapat kucuran dana miliaran rupiah dari Kementrian Perhubungan untuk membangun sarana dan prasarana pelabuhan penyeberangan di empat pulau yang meliputi Wanci, Kaledupe, Tomia dan Binongko.

Lebih Hado memgatakan pada empat pulau di Kabupaten Wakatobi itu juga akan di bangun terminal yang terintegrasi antara lokasi wisata serta angkutan penumpang (orang) dan barang.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024