Kendari, Antara Sultra - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat jumlah peserta JKN-KIS di wilayah itu mencapai 619.870 jiwa.

Kepala BPJS kesehatan Cabang Baubau Tutus Novita Dewi melalui pesan WhatsApp yang diterima di Kendari, Rabu, mengatakan program kepesertaan akan terus tingkatkan melalui JKN-KIS di seluruh cakupan wilayah Kepulauan Buton, sehingga terwujud Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019.

"Capaian Kinerja program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Cabang Kota Baubau terus mengalami peningkatan yakni jumlah peserta dari delapan kabupaten Kota dan hingga saat ini sudah mencapai 64 persen dari jumlah penduduk," jelas Tutus.

Tutus Novita Dewi mengungkapkan selain meningkatkan jumlah kepesertaan, pihaknya juga akan meningkatkan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS, baik fasilitas kesehtan tingkat pertama (FKTP) hingga fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL).

"BPJS kesehatan Baubau telah bekerja sama dengan 151 FKTP, antara lain 122 Puskesmas, 18 Dokter praktik perorangan, 3 dokter praktik gigi perorangan, dua klinik pratama, empat klinnik Polres dan dua klinik TNI. Sementara untuk FKTl yakni enam rumah sakit dan satu optik untuk melayani peserta JKN-KIS di seluruh kepulauan Buton," tambahnya.

Tutus berharap pemerintah daerah di Kepulauan Buton juga dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Selain itu, dirinya juga meminta Pemda setempat, untuk memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN KIS.

Catatan BPJS Kesehatan Kota Baubau menunjukkan jumlah peserta JKN-KIS terbanyak ada di kota Baubau mencapai 10.745 jiwa, disusul Kabupaten Wakatobi 7.999 jiwa, Kabupaten Muna 7.392 Jiwa, Muna Barat 6.817 Jiwa, Buton Utara 2.500 jiwa, Buton Selatan 1.526, Buton Tengah 1.391 Jiwa dan Kabupaten Buton mencapai 1.095 peserta.

"Untuk memenuhi target kepesertaan JKN-KIS, masyarakat dapat menggunakan layanan call centre 1500-400 untuk mendaftar atau melakukan pendaftaran melalui dropbox di kantor Cabang BPJS, Kantor Kelurahan dan kantor Kecamatan Daerah setempat.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024