Kolaka,  Antara Sultra - Mahasiswa Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mengajar siswa sekolah dasar di desa Tetewonua dan Ambuwiu.

Penanggung jawab desa KKN mahasiswa USN, Muhammad Alif Arga, Selasa, mengatakan dari beberapa program yang diberikan kepada masyarakat di daerah itu salah satunya membantu menjadi tenaga pendidik di beberapa sekolah yang ada di desa itu.

"Kita sudah melakukan kegiatan itu sejak 14 Agustus 2017 dari berbagai program studi," katanya.

Saat mahasiswa membantu mengajar siswa sekolah dasar, kata dia, selain masyarakat setempat pihak sekolah juga memberikan tanggapan positif karena di sekolah itu masih kekurangan tenaga pengajar.

Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri Teteona, Sunarti, mengakui sekolahnya merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN, khususnya yang terkait dengan program kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan KKN dapat membantu dalam efektivitas belajar anak-anak di sekolah kami," katanya.

Sunarti juga menjelaskan jumlah siswa yang ada di sekolah dasar itu mencapai ratusan siswa yang hanya memiliki tiga guru yang berstatus PNS.

"Sisanya masih guru honor namun dengan adanya program KKN ini bisa mengatasi dan membagikan ilmu kepada siswa sekolah dasar," ungkap Sunarti.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024