Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Kota Kendari, akhirnya merealisasikan pembangunan tugu adipura sebagai darah peraih adipura sembilan kali berturut-turut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kendari, Askar di Kendari, Selasa, mengatakan pembangunan tugu adipura tersebut sudah lama direncanakan yakni saat daerah tersebut meraih adipura kencana 2015.

"Tetapi karena masih banyak prioritas pembangunan lain yang dinilai lebih mendesak, maka pembangunan tugu adipura tersebut ditunda dan baru bisa direalisasikan tahun ini," katanya.

Disebutkan, pembangunan tugu adipura tersebut ditempatkan di pintu gerbang atau perbatasan Kota Kendari dengan Kabupaten konawe Selatan.

"Tujuannya, ketika ada tamu dari luar darah atau dari bandara masuk Kendari langsung memberikan kesan bahwa daerah ini adalah peraih adipura yang sukses membangun berbagai sektor yang berbasis lingkungan," katanya.

Menurut dia, pembangunan tugu adipura tersebut ditargetkan tuntas akhir tahun ini sesuai dengan kontrak kerja.

"Namanya juga masuk APBD induk atau reguler, makanya harus tuntas tahun ini pembangunannya," kata Askar tanpa menyebutkan dengan jelas anggaran yang digunakan.

Kota kendari terinsipirasi membangun tugu adipura karena sudah sembilan kali selama sembilan tahun berturut-turt meraih adipura yakni sejak 2009 sampai 2017. 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024