Kendari (Antara Sultra) - Sebanyak 1.100 mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, mengikuti kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2017. 

PBAK 2017 yang akan berlangsung hingga 17 Agustus, dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari, Nur Alim di Lapangan Gedung Olahraga (GOR) IAIN Kendari, Senin. 

Nur Alim membuka kegatan tersebut dengan membaca puisi kemudian memberi ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah memilih IAIN Kendari sebagai jembatan menuju sukses. 

"Semua yang hadir di tempat ini adalah bintang pemuda masa depan, harapan bangsa karena kampus ini menyemai para pemimpin yang tangguh, para profesional yang berkualitas, yang akan mengikuti langkah dari para alumni yang telah sukses di berbagai bidang," katanya.

Sepanjang perjalanan IAIN Kendari yang telah resmi beralih status pada 2015, kata Nur Alim, baru tahun ini merupakan tahun di mana animo masyarakat menunjukkan peningkatan yang begitu pesat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

"Untuk pertama kalinya, perguruan tinggi yang baru genap berusia 2 tahun ini menerima mahasiswa baru lebih dari 1.000 orang dan dilakukan dengan pola seleksi yang lebih ketat. Banyaknya jumlah pendaftar dan terbatasnya kapasitas ruang kuliah menyebabkan IAIN Kendari membatasi kuota penerimaan sebanyak 1.100 mahasiswa," kata Nur Alim. 

Menurut dia, kegiatan PBAK menjadi awal dari seluruh rangkaian kegiatan akademik yang akan dijalani selama menyandang status mahasiswa. 

Kegiatan upacara pembukaan PBAK ditutup dengan Deklarasi Kebangsaan dan "yel-yel" cinta Pancasila dan NKRI. 

Selanjutnya, seluruh peserta melaksanakan Shalad Dhuha berjamaah di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari bertujuan membangun kesadaran religi mahasiswa IAIN Kendari untuk selalu taat dan patuh pada ajaran agama dan membudayakan ibadah dalam kehidupan sehari-sehari.

PBAK IAIN Kendari akan dilaksanakan selama 4 hari dan diisi dengan aktivitas di dalam maupun di luar ruangan. 

Peserta akan memperoleh materi terkait proses akademik daan kemahasiswaan sebagai panduan awal untuk mengikuti seluruh proses perkuliahan yang akan dijalani selama berstatus mahasiswa IAIN Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024