Kendari, Antara Sultra - Kota Kendari, meraih penghargaan Adipura untuk kategori kota sedang yang kesembilan kalinya dalam sembilan tahun berturut-turut dari tahun 2009 sampai 2017.

Penghargaan Adipura 2017 tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya kepada Wali Kota Kendari, Asrun, pada acara malam Anugerah Lingkungan di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu malam.

"Tahun ini kita masih berhasil mempertahankan predikat Adipura, ini sebuah prestasi dan keberhasilan semua elemen masyarakat Kota Kendari," kata Asrun.

Ia mengatakan, piala Adipura adalah bentuk penghargaan dari pemerintah terhadap kota-kota terpilih yang telah berhasil dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup perkotaan secara berkelanjutan.

"Penghargaan Adipura tahun 2017 merupakan prestasi Kota Kendari yang sukses selama sembilan tahun dalam mewujudkan lingkungan perkotaan yang bersih, sehat dan nyaman," katanya.

Dijelaskan, program Adipura merupakan salah satu instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang jika benar-benar dilaksanakan dengan kaidah `good environmental governance` akan berdampak positif. 

Selama menerima tropi Adipura sembilan kali berturut-turut, Kota Kendari pernah meraih Adipura kencana utuk kategori kota sedang pada tahun 2015.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024