Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 20 siswa peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Tenggara diberangkatkan ke Jawa Timur, Sabtu malam.

Program SMN yang merupakan rangkaian kegiatan "BUMN Hadir Untuk Negeri" dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2017.

BUMN Hadir untuk Negeri merupakan rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan untuk Wilayah Sulawesi Tenggara khususnya di Kota Kendari, PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar diberikan kepercayaan sebagai PIC dalam menyelenggarakan program ini didampingi oleh PT IndonesiaRe.

Pemimpin PT Pegadaian (Persero) Wilayah VI Makassar, Benzani, saat pemberangkatan peserta mengatakan, tujuan dan sasaran program ini adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui pertukaran informasi dan kebudayaan.

"Kemudian untuk membentuk sinergitas BUMN untuk bersama -sama membangun Sulawesi Tenggara lewat peran aktif pada masyarakat, serta mendorong BUMN untuk memberikan sumbangan yang terbaik untuk daerah," katanya.

Dijelaskan, pada kegiatan SMN 2017, PT Pegadaian dan PT IndonesiaRe bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Tenggara melakukan seleksi 20 siswa dari seluruh sekolah menengah yang mewakili seluruh kota/kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 11 Juli 2012017.

"Siswa telah diberi pembekalan meliputi wawasan kebangsaan, dan wawasan tentang BUMN serta pengembangan motivasi. Ke 20 siswa tersebut dua diantaranya merupakan siswa tuna rungu berprestasi akan berada di Jawa Timur selama 7 hari," katanya.

Pada 29 Juli 2017, 20 peserta mengikuti acara pelepasan di salah satu hotel di Kendari yang dibuka oleh Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar, Benzani bersama Kepala Devisi Keuangan PT IndonesiaRe (Persero), David dan diterima oleh Kepala Cabang PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,anang Tri Waskito.

Turut hadir dalam acara tersebut wakil kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara H Sainal Kamase S.Sos Mpd.Dalam Sambutannya Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar memberikan pengarahan tentang bagaimana para peserta SMN menjadi duta Parawisata Sultra di Jawa Timur dan juga mengenal budaya daerah lain sehingga menyadari betapa kayanya Nusantara Indonesia.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024