Kendari, Antara Sultra - Sektor Usaha mikro kecil menegah (UMKM) di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mampu menyerap 62.418 pekerja.
"Sektor UMKM ini memang menjadi salah saktor unggulan setelah pertanian dalam penyerapan tenaga kerja di Konawe Selatan," kata Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim, di Kendari, Sabtu.
Dikatakan, tenaga kerja tersebut tersebar pada 6.292 unit usaha yang terdiri 6.283 unit usaha mikro kecil dan sembilan unit yang masuk kategori usaha menegah besar.
"Sektor UMKM ini ikut mendorong pengurangan pengangguran di Konawe Selatan, minimal sejumlah sebanyak tenaga kerja yang terserap," ujar Arsalim.
Arsalim juga berharap, jika penyerapan tenaga kerja sektor UMKM ini terus menigkat maka akan mengurangi angka kemiskinan di daerah.
"Karena itu, melalui dinas terkait pemerintah Kendari terus mendorong pertumbuhan sektor UMKM ini," katanya.
Menurut dia, pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang selama ini dilakukan pemerintah juga menjadi salah satu pendorong perekonomian daerah.
"Salah satu upaya yang dilakukan sebagai bagian dari strategi mendorong pertumbuhan perekonimian daerah tersebut adalah dengan mendorong pengembangan UMKM melalui upaya peningkatan kapasitas UMKM," ujarnya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024