Kendari, Antara Sultra - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawwesi Tenggara menggelar pemaparan visi misi bakal calon (balon) Gubernur Sultra di Kendari, Sabtu.

Pemaparan visi misi yang berlangsung sehari tersebut diikuti enam bakal calon gubernur Sultra yakni Hugua, Rusman Emba, Ali Mazi, Abdul Rahman Farisi, Supomo, dan Lukman Abunawas, kemudian dua bakal calon wakil gubernur Sultra yakni Safei Kahar dan Oheo Sinapoy.

Ketua Tim penjaringan PDIP Sultra, Nur Salam Lada, mengatakan seyogyanya ada 10 bakal calon gubernur yang akan mengukuti pemaparan visi misi tersebut, tetapi empat orang berhalangan hadir karena terlebih dahulu ada kegiatan di luar daerah.

"Empat orang tersebut adalah Tina Nur Alam, Ridwan Bae, Asrun dan Rusda Mahmud. 10 balon gubernur tersebut yang telah resmi mendaftarkan diri di partai PDIP untuk ikut penjaringan," katanya.

Dalam pelaksanaan pemaparan visi misi itu katanya, diundang beberapa organisasi masyarakat (ormas) dan akan memberikan penilaian terhadap balon gubernur yang siap tarung pada Pilgub Sultra 2018 itu.

"Tujuan pemaparan visi misi ini, sesuai dengan misi PDIP untuk mencari putra dan putri terbaik dan sosok figur yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat untuk memimpin Sultra ke depan," katanya.

Dalam pemaparan visi misi itu, DPD PDIP Sultra melibatkan tiga panelis dari kalangan akademisi yang juga merupakan pakar komunikasi, pakar politik, pakar pembangunan wilayah dan pakar pengembangan wilayah yang terdiri Prof Dr Eka Suaib, Dr Ahmad Firman, Dr Lukman Yunus. 

Setiap bakal cagub diberi kesempatan untuk memaparkan garis-garis besar visi dan misinya jika terpilih menjadi gubernur, selanjutnya diberi kesempatan kepada panelis untuk bertanya untuk memperdalam dari visi-misi yang disampaikan.

Dalam kesempatan itu, diberi kesempatan kepada undangan yang hadir untuk bertanya langsung kepada para bakal cagub terkait degna visi-mis yang telah digambarkan yang langsung dijawab oleh cagub sesuai pertanyaan yang ditujukan. 

"Tahapan selanjutnya setelah dilakukan pemaparan visi misi ini adalah dilakukan survei terhadap bakal calon tersebut akan akan menjadi lampiran sebelum diajukan ke DPP PDIP untuk menentukan siapa yang akan diusung dalam pilgub 2018," kata Nur Salam yang merupakan wakil ketua DPRD Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024