Kendari, Antara Sultra - Pelabuhan rakyat yang tersebar di daerah-daerah pesisir di Sulawesi Tenggara (Sultra) patut mendapat perhatian serius karena merupakan penunjang utama pembangunan ekonomi pro-rakyat.

Anggota DPR RI Ridwan Bae melalui saluran telepon dari Kendari, Selasa, mengatakan Partai Golkar berkomitmen mendukung program pemerintah pro-rakyat kecil karena dapat mengatasi kesenjangan ekonomi.

"Beberapa program pro-rakyat, yakni pelabuhan rakyat untuk wilayah pesisir, puskesmas terapung dan kelas belajar terapung untuk anak-anak pesisir," kata Ridwan yang juga Ketua DPD Golkar Sultra.

Program tol laut adalah solusi tepat untuk efisiensi biaya transformasi barang dan jasa serta mengurai kesenjangan pembangunan antarwilayah.

"Partai Golkar berkomitmen mendukung akselerasi percepatan pembangunan kawasan timur Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah," katanya.

Indonesia, kata dia, adalah negara yang kaya sumber daya alam dengan wilayah yang cukup luas sehingga membutuhkan komitmen dan kesungguhan dalam menyelengggarakan pembangunan.

"Fakta menunjukkan adanya kesenjangan kesejahteraan antara kawasan barat Indonesia dengan kawasan timur Indonesia. Pemerintah pusat menyadari kondisi tersebut sehingga memberi perhatian serius untuk kawasan timur Indonesia," katanya.

Kekayaaan laut dan mineral kawasan timur Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara cukup menjanjikan sehingga perlu pengelolaan yang maksimal untuk kesejahteraan rakyat.

"Saya tidak tahu persis produksi ikan hasil tangkapan di wilayah timur Indonesia tetapi diyakini cukup besar," katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti pun optimistis nelayan akan sejahtera jika industri perikanan terwujud.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024