Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara akan membangun sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata seperti sarana transportasi, telekomunikasi, listrik, hotel dan restoran untuk mengembangkan industri pariwisata di kabupaten itu.

"Kabupaten Muna Barat memiliki sejumlah potensi pariwisata, baik wisata bahari, wisata alam maupun wisata budaya yang tidak kalah menarik dengan obyek-obyek wisata daerah lain di Indonesia," kata Bupati Muna Barat, LM Radjiun Tumada di Kendari, Rabu.

Namun berbagai obyek wisata menarik di Muna Barat selama ini belum berkembang kata dia dikarenakan infrastruktur pendukung kepariwisataan di Muna Barat belum terbangun.

Oleh karena itu kata dia, Pemerintah Kabupaten Muna akan lebih dahulu membangun infrastruktur pendukung pariwisata sebelum mempromosikan berbagai obyek wisata ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

"Saat nanti mempromosikan berbagai obyek wisata yang kami miliki , kami memastikan seluruh infrastruktur pendukung kepariwisataan, terutama sarana transportasi menuju lokasi-lokasi wisata di Muna Barat sudah terbangun secara memadai," katanya.

Dengan begitu kata dia, ketika para wisatawan berkunjung ke Muna, tidak ada hambatan lagi untuk menjangkau sejumlah lokasi obyek wisata menarik di Muna Barat.

"Kami tidak ingin para wisatawan yang berkunjung di Muna Barat kecewa karena sulit menjangkau sejumlah obyek wisata menarik seperti Pulau Tanjung yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa," katanya.

Menurut Bupati Radjiun, Muna Barat memiliki sejumlah pulau kecil seperti Pulau Mandike dan Pulau Pasudu yang memiliki panorama alam yang cukup indah.

Selain itu, di alam bawah laut pulau-pulau kecil di Muna Barat tersebut dihuni beragam jenis terumbu karang yang cukup eksotis dan menjadi rumah berbagai jenis ikan dan biota lautnya lainnya.

"Obyek wisata yang dimiliki Muna Barat, tidak kalah indah dengan obyek wisata Wakatobi yang sudah mendunia," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024