Kendari (Antara Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggata (Sultra), bersemangat melakulam promosikan hasil kerajinan anyaman di daerah itu agar lebih dikenal luas.

Kepala Dinas Perindag Sultra, Sitti Saleha, di Kendari, Sabtu, mengatakan bentuk kerajinan anyaman memerlukan dukungan promosi karena tidak banyak dikenal atau kurang populer di kalangan konsumen pecinta seni kerajinan.

"Promosi dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran pembangunan baik skala daerah, regional dan nasional," katanya.

Dikatakan, anyaman adalah salah satu bentuk kerajinan tertua yang dapat diketemukan di hampir seluruh daerah, ini harus dilestarikan dan dikembangkan oleh berbagai komunitas perajin.

Menurut dia, kerajinan ini memiliki daya tarik yang tinggi karena memiliki bahan baku yang khas ditemukan di daerah asal perajin, memiliki nilai artistik terkait motif dan warna.

"Industri kerajinan anyaman memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan terutama dalam menghadapi pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN.

Ia mengatakan, produk anyaman yang berkualitas nantinya akan menjadi souvenir bagi pengunjung daerah ini, baik pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024