Kolaka, Antara Sultra - Bupati Kolaka Ahmad Safei meminta semua camat yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak untuk memfasilitasi penyelenggara dalam mendata daftar pemilu tetap (DPT) di desa.

DPT ini menjadi sumber sengketa dalam pilkades serentak maka dari itu saya minta camat fasilitasi dalam mendata," katanya di Kolaka, Sultra, Selasa.

Menurut Safei persoalan DPT menjadi sumber keributan antara calon kepala desa yang akan bertarung dalam pilkades serentak nanti sehingga penetapan DPT ini harus dipertegas.

"Kalau memang DPT ini belum rampung lebih baik jangan melaksanakan pilkades karena hanya akan membawa persoalan," tegas Safei.

Untuk itu lanjut dia camat harus tegas dalam melakukan pendataan itu dan seminggu sebelum pelaksanaan pilkades sudah ditetapkan sehingga tidak ada lagi alasan ada wajib pilih yang tidak terdaftar.

Selain itu kata mantan Sekda Kolaka itu panitia penyelenggara pilkades serentak itu harus mengetahui dan memahami aturan sehingga tidak ada perselisihan dalam pelaksanaan itu.

"Penyelenggara harus mengetahui serta memahami aturan mengenai pilkades karena jangan sampai berdampak hukum," jelas Safei.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024