Kendari, Antara Sultra - DPRD Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, akan membuat Peraturan Daerah atau Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau RPJMDes di kabupaten itu.

"Kami sudah memperlajari penyusunan Perda RPJMDes di Kabupaten Bogor, Jawab Barat. Dalam waktu dekat, kami akan segera membuat rancangan pembentukan Perda RPJMDes untuk dibahas bersama pihak eksekutif sebelum ditetapkan menjadi Perda," kata Anggota DPRD Kabupaten Wakatobi, Sudirman Abdul Hamid melalui telepon dari Wangiwangi, Minggu.

Menurut dia, Perda RPJMDes sangat diperlukan dalam upaya menyinkronkan antara program pembangunan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Kabupaten dengan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa yang nantinya dituangkan dalam RPJMDes.

Dengan begitu kata dia, berbagai program pembangunan yang tertuang di dalam RPJM Kabupaten Wakatobi dapat sejalan dengan program pembangunan yang dijalankan oleh perintah desa bersama masyarakat desa.

"Dengan perda RPJMDes, maka seluruh pemerintah desa di Wakatobi tidak boleh membuat program pembangunan semaunya sendiri melainkan harus merujuk pada program pembangunan strategis yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Wakatobi," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Wakatobi saat ini menitikberatkan program strategis pembangunan Wakatobi pada pengembangan dua sektor yakni sektor pariwisata dan sektor perikanan.

Kedua sektor yang dianggap strategis tersebut kata dia, potensinya di wilayah Kabupaten Wakatobi cukup besar karena sebagian besar wilayah Wakatobi terdiri dari laut.

"Wilayah Wakatobi seluas kurang lebih 1,5 juta hektar. Kurang lebih 97 persen dari luas wilayah tersebut terdiri dari laut, sedangkan daratan hanya 3 persen," katanya.

Di alam bawah laut wilayah perairan laut tersebut kata dia, terdapat 750 jenis terumbu karang yang sangat indah dan menjadi rumah bagi 942 jenis ikan serta biota laut lainnya.

"Kami menyakini, jika program pembangunan yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Wakatobi dapat bersinergi dengan pembangunan yang dijalankan di tingkat desa, maka Wakatobi akan cepat berkembang sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024