Kendari, Antara Sultra - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara mengklaim bahwa pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP sederajat di daerah itu pada hari pertama dan kedua berjalan lancar.

Kepala Dinas dikbud Sultra, Damsid, di Kendari, Selasa, mengatakan berdasarkan laporan penyelenggara UNBK SMP dari kabupaten kota bahwa semua berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti itu signifikan.

"Tim Help desk UNBK Sultra juga sudah melaporkan bahwa tidak ada kendala dalam pengerjaan soal UNBK," kata Damsid.

Dikatakan, terdapat 19 sekolah di Sultra yang tersebar pada enam kabuaten kota yang menyelenggarakan UNBK SMP sederajat 2017.

Tim Help Desk UNBK SMP Sultra, Paruddin di Kendari, mengaku bahwa secara tehnis memang tidak ada kendala selam pelaksanaan UNBK termasuk jaringan internet.

"Memang pada hari pertama sempat ada ganggunan sedikit di Muna yakni gangguan transmisi yang tidak bisa dihindari, tetapi itu hanya pada saat mau pengiriman hasil ujian dan tidak mengganggu konsentrasi siswa, itupun hanya beberapa saat saja kemudian normal kembali," katanya.

Untuk hari pertama katanya, semua jawaban sudah terupload begitu pula pada jawaban hari kedua mata uji matematika berjalan aman.

"Semua lamcar, karena hampir semua sekolah yang menyenggarakan UNBK adalah pernah melaksanakan uji kempetensi, sejingga secara tehnis mulai pemasangan jaringan, proses singkronisais data aman lancar," katanya.

Disebutkan, sekolah yang mlaksanakan UNBK SMP terdapat di Kota Baubau, Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kolaka Utara, Konawe Selatan dan Kolaka,

Menurut dia, ujian nasional tersebut merupakan ujian kejujuran bagi penyelenggara sebab hasilnya tidak menjadi patokan utama untuk kelulusan pelajar.

Ujian nasional tingkat SMP dilaksanakan 2-4 Mei dan 8 Mei 2017 secara serempak.

Ada empat mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024