Kendari (Antara Sultra) - Pimpinan dan anggota DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan memberi apresiasi terhadap kepemimpinan Nur Alam - Saleh Lasata dengan akronim "NUSA" sebagai gubernur dan wakil gubernur selama sembilan tahun terakhir, masa jabatan kedua berakhir 18 Februari 2018.

"Saya kira kerja keras dan kerja cerdas yang sudah dilakukan pasangan NUSA selama dua periode, cukup banyak menorehkan prestasi karya-karya pembangunan dan kemajuan daerah," kata Ketua DPRD Sultra, Abdrurrahman Saleh saat memimpin Rapat Paripurna Istimewa dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-53 Provinsi Sultra 2017 di gedung Utama DPRD Sultra, Rabu.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Sultra itu, implementasi program yang dilakukan pasangan Nusa melalui Bangun Kesejahteraan Masyarakat (BAHTERAMAS) tidak bisa dipungkiri terutama melalui pendidikan gratis dan memberi beasiswa kepada anak sekolah yang lanjut hingga ke perguruan tinggi serta kesehatan merupakan salah satu program nyata yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Sultra.

Begitu pula sektor jasa dimana dari panjang jalan provinsi sekiatar 1.200 kilometer yang sudah teraspal dan pengerasan mencapai 75 persen dan sisanya dalam proses pekerjaan dan sebagain lainnya jalan ini statusnya ada yang naik menjadi nasional dan ada juga jalan kabupaten.

"Artinya bahwa, meskipun belum semuaya terselesaikan dengan pengaspalan yang dibiayai APBD Sultra, namun dibagian lain ada jalan yang dibiayai melalui APBN dan APBD kabupaten kota," ujaranya.

Sementara itu Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan, dalam sidang paripurna istimewah tahun 2017 dianggarkan paling istimewa karena dirinya dan Saleh Lasata sebagai wakilnya akan mengakhiri masa tugasnya dua periode pada Februari 2018.

"Secara otomatis pada sidang Paripurna Istimewa dalam rangkaian HUT Ke-54 Provinsi Sultra pada April 2018 nanti bukan lagi pasangan NUSA, namun sudah gubernur baru," ujara Nur Alam.

Menurut mantan Ketua DPW PAN Sultra tiga periode lebih itu, kepemimpinan dirinya selama sembilan tahun terakhir tentu masih banyak program yang belum tercapai sesuai yang diinginkan masyarakat Sultra pada umumnya, namun demikian agar calon penggantinya bisa melanjutkan estafet yang sudah diletakkan.

Rangkaian HUT ke-53 Sultra yang puncak upacaranya diperingati setiap 27 April besok itu, akan dihadiri Kasad TNI-AD Jenderal Mulyono yang sekaligus bertindak selaku Inspektur Upacara.

"Kehadiran Kasad TNI-AD di Kota Kendari, serangkaian untuk melakukan peresmian gedung utama pembangunan Makorem 143/Haluoleo Kendari. Jadi momentum itulah, oleh Gubernur Sultra akan memberi kepercayaan kepada Bapak Jendral Mulyono untuk bertindak selaku Inspektur upacara pada HUT Sultra," ujar Kadis Komunikasi dan Informatika Sultra Kusnadi.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024