Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta kepada wisatawan yang berkunjung di daerah itu agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan objek pariwisata bahari.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra, Askabul Kijo, di Kendari, Rabu, mengatakan gerakan lepedulian itu guna menyelamatkan terumbu karang serta pulau-pulau kecil yang ada di daerah itu.

"Sumbar kekayaan dengan sumber daya alam seperti pulau serta terumbu karang harus terpelihara karena menjadi daya tarik wisata daerah ini," katanya.

Askabul mengaku, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata berupaya memanfaatkan sumber daya tersebut untuk dijadikan objek wisata bahari sehingga dapat menjadi nilai ekonomis untuk masyarakat.

"Perkembangan wisata di Sultra yang saat ini berkembang pesat harus diiringi dengan pengawasan dan kepedulian terhadap pulau dan terumbu karang," katanya.

Apabila terumbu karang rusak katanya, maka akan mengakibatkan berkurangnya ikan sehingga berpengaruh pada penghasilan nelayan serta keindahan tempat wisata.

"Berbagai elemen masyarakat untuk menyadari perlunya kepedulian terhadap penyelamatan lingkungan tempat wisata," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024