Kendari, Antara Sultra - Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, membagikan 2.000 anakan bibit cabai secara gratis kepada warga di kota itu.

Pembagian bibit cabai secara gratis tersebut dilakukan di Taman Kota Kendari yang diperuntukan kepada pengunjung yang sedang melakukan aktivitas olahraga pagi, Minggu.

Ketua TP PKK Kendari, Sriyastin Asrun, mengatakan kegiatan itu merupakan wujud dari kerja sama antara TP PKK dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sultra dalam mendistribusikan bibit cabai kepada warga.

"Hari ini kami siapkan 2.000 bibit yang dibagikan kepada warga. Stok masih banyak yang akan dibagikan kepada warga lainnya agar menanami pekarangannya dengan cabai," katanya.

Ia mengatakan, seluruh pengurus PKK 11 kecamatan dan 64 kelurahan di Kendari akan dikerahkan untuk membantu menyalurkan bibit cabai sebagai bentuk dukungan terhadap program gerakan nasional menanam cabai.

"Untuk menanam cabai ini, saya akan lombakan kepada setiap kelurahan dan akan memberikan insentif pembinaan kepada enam PKK kelurahan terbaik yang sukses mengembangkan cabai di kebun Toga masing-masing," katanya.

Sriyastin mengaku terus melakukan sosialisasi agar warga mau menanam cabai minimal lima pohon setiap rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

"Kalau semua warga menanam cabai, pastinya akan mengurangi pengeluaran kebutuhan dapur keluarga karena satu pangan pendukung sudah terpenuhi. Ini juga akan menekan angka inflasi daerah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024