Kendari, Antara Sultra - Badan Sar Nasional Kendari, Sulawesi Tenggara, berhasil mengevakuasi kapal yang mengalami mati mesin di perairan motui Kabupaten Konawe Utara, Minggu.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, di Kendari, Minggu, mengatakan pada pukul 12.12 wita tim SAR yang menggunakan Kapal RB 210 berhasil menemukan longboat yang mati mesin tersebut.

"Seluruh penumpang berjumlah tujuh orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, selanjutnya longboat tersebut ditarik oleh kapal nelayan yang ikut membantu pencarian menuju Batugong dengan pengawalan dari Kapal RB 210 milik Sar," katanya.

Selanjutnya kata Wahyudi, kapal RB 210 tiba di dermaga Utama Basarnas Kawasan timur pada pukul 14.50 wita, operasi longboat mati mesin dinyatakan selesai dan ditutup.

Data korban longboat atau kapal mati mesin yakni ilo (32), armin (48), Joko purnomo (42), deni (37), Rakif (43), rudi (42), Ikbal (31).

Sebelumnya, Wahyudi menyampaikann pada hari ini pukul 09.40 wita Basarnas Kendari terima laporan dari Deni (salah satu penumpang) bahwa sejak pukul 04.00 wita longboat yg mereka tumpangi untuk kegiatan mancing mengalami mati mesin di sekitar Perairan Motui Kab Konawe Utara.

Pada pukul 10.00 wita Tim Rescue Kansar Kendari bergeser untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan Rescue Boat 210 menuju tempat kejadian musibah (TKM), cuaca dilapangan mendung dgn ketinggian ombak 0,5 hingga 1 meter.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024