Kolaka, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Kolaka, Sultra, akan melaksanakan 516 program rencana kerja pembangunan pada tahun anggaran 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka, Muhammad Kadar saat menyampaikan laporan kegiatan SKPD pada pembukaan Musrembang di daerah itu, Jumat.

Menurutnya dari 516 program kegiatan beberapa di antaranya di biayai APBD provinsi dan APBN selain dibiayai sendiri oleh APBD Kolaka yang telah dilakukan selama ini.

"Program yang dibiayai APBD Kolaka sebanyak 431, APBD provinsi 43 program dan APBN sebanyak 72 program," katanya.

Program itu kata dia dengan jumlah kegiatan sekitar 2.295 yang tersebar pada 46 satuan kerja perangkat daerah dan bagian yang anggarannya berjumlah Rp2 triliun.

Untuk pembiayaan itu lanjut Kadar, APBD Kolaka sekitar Rp1,5 triliun ,dan diharapkan APBD provinsi sekitar Rp134 miliar dan APBN Rp865 miliar lebih.

Kadar juga menjelaskan jumlah usulan kegiatan di tingkat kecamatan yang diakomodasi oleh SKPD kabupaten sebanyak 852 kegiatan yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Kolaka.

Berkenan dengan itu lanjutnya meminta dukungan direktur perimbangan keuangan kementerian keuangan yang hadir saat pembukaan musrembang di kantor Bappeda itu.

" Kami berharap dukungan ini disampaikan kepada pemerintah pusat begitu juga dengan kepala Bappeda Provinsi Sultra," jelasnya.

Usai membacakan laporan kegiatan Bupati Kolaka Ahmad Safei membuka secara resmi Musrembang Kabupaten Kolaka 2017 di aula kantor Bappeda yang dihadiri semua pemangku kepentingan daerah itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024