Lasusua (Antara Sultra) - Jasad dua pendaki gunung mekongga Laode Fitra dan Edi Mulyadi berhasil di evakuasi tim SAR gabungan setelah empat hari terhalang cuaca buruk di pegunungan itu.

Kepala seksi operasi Basarnas Kendari Jandri Paedong yang ditemui di Puskesmas Wawo, Rabu, mengatakan hasil operasi tim SAR gabungan dibantu warga masyarakat Tinukari berhasil membawa turun dua Jenazah hingga ke posko SAR.

"Setelah beberapa hari tim dihadang cuaca buruk saat melakukan evakuasi, Alhamdulillah kedua jenazah ini berhasil dibawa turun hingga ke Puskesmas Wawo Kolaka Utara," katanya.

Rencananya, kata Jandri, kedua jenazah ini setelah ditangani tim medis akan segera dibawa ke Kendari dan diserahkan kepada pihak keluarga.

Jandri juga menjelaskan dengan berhasilnya di evakuasi dua korban pendaki gunung ini operasi pencarian dan evakuasi Basarnas dinyatakan berakhir.

"Dengan berhasilnya dievakuasi kedua korban pendaki gunung ini maka operasi pencarian dan evakuasi tim SAR gabungan yang terdiri dari Mapala, KPA, TNI, Polri dan masyarakat dihentikan," ungkapnya.

Hasil pantauan di Puskesmas Wawo Kabupaten Kolaka Utara ratusan warga sekitar turut membantu dan menyaksikan dua jenazah pendaki gunung saat diturunkan dari kendaraan Ambulan milik SAR dan Pemerintah setempat.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024