Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, pada 2017 menyiapkan 2.050 ekor sapi betina untuk melaksanakan program Upaya Khusus Sapi indukan wajib bunting (Siwab).

Penjabat Bupati Bombana, Siti Saleha, di Kendari, Sabtu, mengatakan program Siwab merupakan program nasional untuk percepatan pembuntingan induk sapi melalui inseminasi buatan serta mempersingkat waktu pembuntingan sapi yang sebelumnya 12 bulan.

"Melalui upsus Siwab waktu pembuntingan sapi induk hanya berlangsung selama sembilan bulan," kata Sitti Saleha.

Ia pengatakan, pembuntingan ini dengan memasukan sperma dari jantan unggul ke dalam rahim sapi betina agar menghasilkan keturunan sapi yang berkualitas.

"Saya sangat optimistis target 2.050 ekor sapi betina wajib bunting di Kabupaten Bombana akan tercapai karena peternak sangat antusias menerima program Siwab ini," katanya.

Menurut Saleha, program nasional itu sangat bermanfaat bagi peternak di daerah ini dalam meningkatkan populasi ternaknya.

"Saat dilakukan sosialisasi, kelompok peternak di Kabupaten Bombana cukup antusias mendengar dan memberi apresiasi yang positif terhadap program Siwab tersebut," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024