Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), sedang menggagas pembentukan unit pelaksana teknis daerah (UPTD) tentang alat mesin pertanian (Alsintan) di daerah itu.

"UPTD itu nantinya yang akan mengelola seluruh bantuan alsintan yang ada agar ada yang bertanggungjawab secara khusus terkait sarana tersebut," kata Kepala Dinas Pertanian Kendari, Zainal Arifin, di Kendari, Minggu.

Ia mengaku, sudah banyak bantuan pemerintah pusat terkait alsintan untuk peningkatan produksi pertanian di daerah itu tetapi tidak sedikit juga yang tidak jelas rimbanya.

"Artinya, ketika terjadi kerusakan pada alat tersebut tidak ada anggota kelompok tani yang mau bertanggung jawab untuk memperbaikinya," katanya.

UPTD Alsintan akan mengelola secara profesional katanya, sehingga petani yang butuh alat produksi itu tinggal berhubungan dengan UPTD.

"Dengan adanya UPTD Alsintan itu maka akan lebih meyakinkan pusat ketika ingin memberikan bantuan di daerah tentang sarana produksi pertanian," katanya.

Zainal yakin, produktivitas petani akan semakin meningkat dengan dukungan alsintan yang selalu siap dengan kondisi baik dan siap pakai.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024