Kendari, Antara Sultra - Harga udang lobster di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, saat ini mencapai Rp1 juta hingga Rp1,1 juta per kilogram.

"Para nelayan yang menangkap udang lobster di Buton Selatan, terutama di Pulau Kadatua, Siompu dan Batuatas, saat ini memperoleh pendapatan yang cukup tinggi," kata tokoh masyarakat Buton Selatan, Baiduri di Kendari, Rabu.

Menurut dia, para nelayan yang menangkap udang lobster tidak kesulitan menjual hasil tangkapannya karena sudah ada perusahaan penampung udang lobster yang parkir di wilayah pesisir Buton Selatan.

Setiap kembali dari melaut menangkap udang lobster kata dia, hasil tangkapan udang lobster para nelayan langsung dibeli oleh perusahaan penampung udang lobster.

"Berapa pun hasil tangkapan undang lobster para nelayan di Buton Selatan, dapat dibeli oleh pihak perusahaan penampung udang lobster," katanya.

Menurut dia, di wilayah pesisir Buton Selatan, terutama di wilayah pesisir Pulau Kadatua, Pulau Siompu dan Pulau Batuatas, banyak dihuni udanng lobster.

Hal itu dikarenakan wilayah pesisir pulau-pulau tersebut kata dia, memiliki banyak terumbu karang yang menjadi habitat udang lobster tumbuh dan berkembang.

"Udang lobster bisa menjadi sumber kesejahteraan nelayan Buton Selatan bila udang tersebut dikembangkan memalui budi daya lobster," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024