Langara, Antara Sultra - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, H Abdul Jabar Toba menilai infrastruktur, baik infrastruktur jalan, jembatan dan pelabuhan di Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, masih sangat tertinggal dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Sultra.

"Saya sudah melihat kondisi infrastruktur semua kabupaten di Sultra. Kondisi infrastruktur Konawe Kepulauan, sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan infrastruktur kabupaten lain," katanya di Langara, Minggu.

Menurut dia, tujuh wilayah kecamatan di yang ada di Kabupaten Konawe Kepulauan, belum terhubung dengan infrastruktur jalan antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya.

Bahkan kata dia, beberapa wilayah pedesaan di kabupaten tersebut masih belum dilalui dengan kenderaan roda empat dan roda dua, karena hanya dihubungkan dengan jalan setapak.

"Dengan kondisi infrastruktur yang ada sekarang, sulit bagi Pemerintah Kabupaten Konawe Keplauan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten itu," katanya.

Oleh karena itu kata dia, bila Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan ingin mempercepat perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat, maka tidak pilihan lain kecuali segera membangun infrastruktur dasar, terutama jalan dan jembatan yang dapat mengubungkan seluruh wilayah kecamatan.

"Kalau infrastruktur jalan yang menghubungkan seluruh wilayah kecamatan dan desa sudah terbangun, maka Kabupaten Konawe Kepulauan akan mengalami kemajuan yang sangat pesat dan kesejahteraan masyarakat akan membaik dari waktu ke waktu," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024