Wanggudu, Antara Sultra - Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara, Tina Nur Alam, mengatakan nilai-nilai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara harus diaplikasi mulai dari lingkungan keluarga.

"Empat pilar ini harus kita awali dari kehidupan keluarga kita kemudian di linglungan sekitar dan lingkungan sekolah," kata Tina Nur Alam saat sosialisasieEmpat pilar di hadapan siswa SMA 1 Lembo, Konawe Utara, Sultra, Kamis.

Tina Nur Alam menjelaskan tentang penting para pelajar memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila adalah dasar negara yang paten untuk dijaga seutuhnya sebagai kekuatan NKRI," kata Tina yang merupakan politisi PAN itu.

Menurutnya, empat pilar merupakan pondasi bangsa, dan dengan diadakannnya sosialisasi ini diharapkan para pelajar bisa menyerap materi tentang pilar-pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Empat pilar kebangsaan yang setelah dimaknai dan diketahui seluruh masyarakat Indonesia, harus benar-benar diterapkan," katanya.

Tina mengaku, selama menjadi anggota DPR RI mulai 2014, sudah tiga kali melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kolaka Timur pada sekolah yang berbeda.

Acara yang dilaksanakan di aula SMA 1 Lembo tersebut dihadiri sekitar 150 peserta didik dan dihadiri oleh Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Wakil Bupati Konawe Utara, Rauf, Sekda Konawe Utara, Martaya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Utara, La Peha.

Diakhir acara dilakukan kuis tentang materi sosialisasi kepada siswa, dan yang menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024