Batauga, Antara Sultra - Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Buton Selatan dan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara berjalan lancar, aman dan kondusif.

Kepala Keploisian Resor (Kapolres) Buton, AKBP Andi Herman di Batauga Rabu, mengatakan para pemilih di dua kabupaten tersebut menyalurkan hak pilih di tempat-tempat pemungutan suara atau TPS dengan tertib dan lancar.

"Alhamdulllah, masyarakat pemilih di dua kabupaten tersebut menyalurkan hak pilih mereka di setiap TPS dengan tertib dan lancar," katanya.

Menurut Kapolres, dalam mengamankan pilkada di dua kabupaten yakni Buton dan Buton Selatan, jajaran Polres Buton menerjunkan sebanyak 1.724 petugas.

Jumlah petugas yang diterjunkan tersebut kata dia terdiri dari personil polisi sebanyak 396, anggota Brimob 200 orang dan Dalmas Polda Sultra bersama Polres Wakatobi 62 orang.

Selain itu, juga ada anggota TNI 100 personel, Satpol PP sebanyak 100 orang dan Linmas sebanyak 866 orang.

"Khusus dari anggota Linmas, setiap Tempat Pemungutan Suara atau TPS ditempatkan dua sampai tiga orang," katanya.

Sementara personel polisi dan TNI, selain ditempatkan di TPS-TPS, juga akan menjaga tempat-tempat strategis, terutama fasilitas milik pemerintah dan BUMN.

"Alahmdulillah, selama proses pelaksanaan kampanye pilkada hingga hari pemungutan suara, situasi keamanan di wilayah Buton dan Buton Selatan dalam keadaan kondusif," katanya.

Pewarta : agus
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024