Kolaka,  Antara Sultra - Enam Desa di Kecamatan Tanggetada dan Watubangga Kabupaten Kolaka dialiri listrik dari PLTS yang bersumber dari dana APBN sebesar Rp37 miliar.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Jumat mengatakan pembangunan PLTS merupakan salah satu program pemkab yakni pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat.

  "Ini tertuang dalam sembilan program prioritas Strategi Mekongga Sejahtera Bekerja dan Berkarya (SMS Berjaya) dalam hal pemenuhan kebutuhan listrik sampai ke pelosok desa," katanya.

  Besaran kapasitas listrik yang disalurkan kata Safei bervariasi mulai dari 20 KWp hingga 50 KWp yang di nikmati 1,020 unit rumah warga di daerah itu.

  " Selain itu juga ada 68 unit fasilitas umum menikmati listrik dari PLTS itu," ungkap mantan Sekda Kolaka itu.

  Safei berharap apa yang telah diberikan oleh Pemda kepada masyarakat untuk dirawat dan dijaga sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama mengingat dana bantuan itu berasal dari pajak dan retribusi yang dibayar oleh masyarakat.

  Enam desa yang menjadi objek pembangunan PLTS itu yakni desa Petudua, Lamoiko, Kastura, Langgosipi, Pundaipa, dan desa Pewisoa Jaya.

  " Ke enam desa tersebut merupakan wilayah yang belum dialiri listrik," jelas Safei.

Pewarta : Darwis sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024