Kendari, Antara Sultra - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari nomor urut 2, Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-SUL), akan menjadikan program prioritas Pengembangan Kawasan Teluk Kendari bila dirinya terpilih sebagai wali kota pada Pilkada serentak Februari 2017.

Calon Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra, di Kendari, Kamis mengatakan, keberadaan Teluk Kendari menjadi bagian penting dari Kota Kendari karena berada di jantung kota, sehingag harus dipelihara dan ditata dengan baik agar tidak terjadi pencemaran dan pendangkalan.

"Di teluk itu ada sekitar 16 sungai bermuara di Teluk Kendari, artinya jika dulunya pemerintah berpikir untuk mengeruk lumpur agar tidak terjadi pendangkalan, maka pasangan ADP-SUL bila terpilih menawarkan konsep pengembangan pembangunan konsep hijau," ujaranya.

Pasangan ADP-SUL, dengan tagline "Mampu, Bersih dan Merakyat" itu dengan visi menjadikan inspirasi pembangunan kota berbasis ekologi dan IT.

Sedangkan misi ada tiga yakni meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelayanan masyarakat, Pengembangan potensi ekonomi dan penciptaan lapangan kerja serta pengembangan kawasan Teluk Kendari yang hijau dan bersih.

Menurut mantan anggota DPRD Sultra dari Partai Amanat Nasional Kota Kendari itu mengatakan, dijadikan prioritas pengembangan kawasan Teluk Kendari dari sembilan program unggulan ADP-SUL, karena melihat keberadaan teluk bila ditata dan dikelola menjadi pusat wisata ekologi dan edukasi, wisata olah raga air serta pusat wisata kuliner.

"Potensi di Teluk Kendari ini cukup menjanjikan bila didorong kuat, akan meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat khususnya di Kota Kendari," ujar ADP seraya menambahkan bahwa dirinya juga sudah menggagas dilakukan pelaksanaan `festival kota teluk` yang melibatkan kota-kota lain di Indonesia, dengan mengundang kota-kota lain dari mancanegara.

Untuk wisata air di Teluk Kendari, kata ADP, pimerintah kota menggandeng pengusaha untuk membangun pusat olah raga air (water sport) di kawasan teluk terutama jenis olah raga yang potensial untuk pengembangan atlet seperti dayung, kano, renang termasuk olahraga bernilai ekonomi seperti jet sky, banana boat dan lain-lain.

Pilkada serentak di Kota Kendari diikuti tiga pasang calon wali kota dan wakil wali kota yakni nomor urut "1" Abdul Rasak-Haris Andi Surahman diusung dua partai (Golkar-Nasdem), nomor urut "2" Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain diusung PAN, PKS dan PKB dan pasangan urut "3" Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syariah Mahmud diusung PDIP, Demokrat, Hanura dan PPP.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024