Kolaka (Antara News) - Direktur Utama RS Antam Medika Pomalaa drg Muhammad Arfah menuturkan, donor darah dari sisi kesehatan sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Menurut dia, dalam kurun waktu tiga bulan darah yang ada dalam tubuh manusia akan hancur dengan sendirinya sehingga harus di donorkan karena akan merangsang pembentukan sel darah baru.
"Makanya setelah melakukan donor darah, pendonor akan merasa segar kembali," katanya di sela-sela bakti sosial donor darah oleh Manajemen Antam, Jumat.
Selain itu, kata dia, ada satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan terapi. Seperti HB darah yang tinggi yang terapinya tidak ada selain donor darah, karena penyakit itu membuat darah kental sehingga beresiko terjadi penyumbatan pembuluh darah.
Kalau Manfaat lainnya, lanjut Arfah, bisa beramal karena satu tetes darah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sangat membutuhkan, apalagi saat sekarang musim dimana cuaca tidak menentu sehingga terkadang banyak genangan air yang menimbulkan penyakit DBD.
"Biasanya bulan seperti ini trend peningkatan DBD, itu kan resiko salah satunya kematian karena pendarahan dan dibutuhkan banyak darah," jelas dr Arfah.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024