Kendari (Antara News) - Direktur Eksekutif Barometer Swara Indonesia (BSI), Baso Affandi mengatakan pasangan calon bupati dan wakil bupati LM Rajiun Tumada-Ahmad Lamani memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dibanding pesaingnya pasangan LM Ikhsan Taufik Ridwan-La Nika, sehingga sangat berpeluang untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Muna Barat pada Februari 2017.
"Berdasarkan data lengkap hasil survei BSI terhadap 440 responden bahwa tingkat elektabilitas pasangan Rajiun-Ahmad Lamani dalam menghadapi Pilkada Muna barat mencapai 77,3 persen, sementarapasangan LM Ikhsan Taufik Ridwan-La Nika hanya 14,1 persen. Sekitar 8,6 persen belum menentukan pilihan," kata Affandi saat merilis hasil survei BSI di Kendari, Senin.
Affandi menambahkan, apabila 8,6 persen itu didistribusikan kepada pasangan LM Iksan Taufik Ridwan-La Nika sesuai dengan hasil kerja tim kampanye atau tim suksesnya, maka posisi ini masih terpaut jauh dengan prosentase pasangan Rajiun-Ahmad Lamani.
"Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan mayoritas masyarakat di Muna Barat atau sekitar 81,7 persen masih menginginkan Rajiun menahkodai daerah otonomi baru tersebut. Rajiun ini merupakan mantan penjabat Bupati Muna Barat yang saat ini ikut pertarungan pilkada Muna Barat," ujarnya.
Menurut dia, sebelum mengukur tingkat elektabilitas tentunya didahului dengan mengukur tingkat keterkenalan dan kesukaan masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati, maka tingkat keterkenalan masing-masing kandidat bisa dipastikan dikenal masyarakat Muna barat lebih dari 75 persen.
"Pilkada Muna Barat seperti kita ketahui sesuai dengan penetapan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna Barat, hanya diikuti dua Pasangan calon kepala daerah," katanya.
Kondisi itu, kata dia, sehingga lebih mudah memetakan arus dukungan jika tak memilih pasangan Rajiun-Ahmad Lamani, maka sudah pasti akan memilih pasangan Ikhsan Taufik Ridwan-La Nika
"Faktor semakin berkurangnya prosentase belum memutuskan jelang pemilihan membuat tingkat partisipasi pemilih semakin meningkat. Selamat buat KPU Muna Barat karena data menunjukkan semakin hari semakin antusias masyarakat memberikan hak politiknya. Hal ini tak bisa kita pisahkan dengan kerja dan kinerja pelaksanaannya," katanya.
Selanjutnya dalam sebaran dukungan bisa dipotret bahwa dukungan masyarakat terhadap Rajiun-Ahmad Lamani memang hampir merata di semua segmen dan wilayah, hanya ada satu kecamatan saja yang biasa dikatakan berimbang yakni Kecamatan Tiworo Utara.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024