Gorontalo (Antara News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, optimistis meraih piala Adipura tahun 2016-2017, dengan berbagai persiapan yang dilakukan di wilayah tersebut.

         Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, maka kerjasama pemerintah dengan berbagai elemen masyarakat harus terus ditingkatkan.

         "Walau kita masih dalam kondisi alami banjir, namun kita tetap tunjukan dan upayakan daerah kita tetap bersih," kata Bupati.

         Menurutnya, piala Adipura bukan karena penghargaannya, namun kebutuhan, beberapa lokasi sudah mendapatkan nilai baik, namun perlu adanya peningkatan terutama untuk kebersihan di lokasi pasar, pemilihan sampah dan perairan terbuka.

         "Hal ini mengingatkan semakin tingginya aspek penilaian kedua (P2) yang rencananya akan dilakukan setelah dilakukan penilai PI," ungkap Bupati.

         Bupati menekankan, dengan adanya penilaian Adipura tersebut, tentunya inilah awal kita memperbaiki lingkungan pascabanjir.

         "Saya berharap kepada BLH untuk memberikan pemahaman kepada warga atau dinas, kantor dan kelurahan/desa apa yang menjadi kekurangan kita selama ini," tandasnya.

         Bupati juga mengimbau agar melakukan penanaman, pembersihan dan perbaikan di berbagai sudut wilayah kota limboto.

         Sementara itu, kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gorontalo, Femiwaty Umar, mengemukakan berbagai kesiapan penilaian adipura (PI) hasil monitoring fisik Adipura Kabupaten Gorontalo saat ini fisik mencapai 64,99.

         "untuk mencapai nilai capaian yang baik diantara 71-80 perlu ada langkah-langkah konkrit diantaranya, pastikan tidak terjadi pembakaran sampah, tidak ada penebangan pohon," jelasnya.

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024