Kendari (Antara News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 di Pelataran Kantor Gubernuran Sultra di Kendari, Jumat.

Tampak hadir peserta upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda itu antara lain Ketua KNPI Sultra, unsur pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, TNI/Polri, anggota DPRD, dan  organisasi kepemudaan serta siswa/siswi di Kota Kendari.

Sekda Provinsi Sultra yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun ini mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia yang telah menebar semangat menjaga jiwa patriotisme dan berhasil menyatukan visi kebangsaan, yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu Tanah Air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Nahrawi mengatakan, melalui tema "Pemuda Indonesia Menatap Dunia" bertujuan agar kaum muda dapat menjadikan momentum bagi kita, karena sudah banyak pemuda Indonesia yang telah berprestasi di tingkat internasional seperti Rio Haryanto yang bisa masuk di GP Formula 1.

Selain itu, Livi Zheng yang juga sudah mampu berbicara banyak di Hollywood dengan menjadi produser, penulis dan sutradara, serta Liliana Natsir dan Tantowi Ahmad yang menyumbangkan medali emas pada ajang Olimpiade Brazil 2016.

Khusus di Kota Kendari, Sekda Provinsi Sultra Lukman Abunawas mengharapkan kepada generasi muda untuk selalu berkreasi dan bekerja untuk melahirkan berbagai inovasi untuk daerah.

Prestasi yang diraih para pemuda di ajang nasional baru-baru ini adalah berhasilnya kontingan PON Sultra di Bandung yang meraih enam medali emas, empat perak dan lima perunggu pada cabang dayung, softball, angkat besi, karate, pencak silat dan taekwondo.

Rangkaian upacara bendera yang ditandai dengan pengibaran sang Merah Putih oleh kelompok paskibra itu, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar dan sumpah pemuda oleh mahasiswa yang mewakili dari sejumlah perguruan tinggi di Kendari dan ditutup dengan lagu-lagu perjuangan sumpah pemuda dari kalangan siswa SMU sederajat.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024